Sosialisasi Semarang Digital Class di SMPN 7 Semarang

Semarang Digital Class
Pendampingan Sekolah Piloting Semarang Digital Class 2016
February 12, 2016
Semarang Digital Class di BPTIKP (2)
Pelatihan Digital Class untuk 36 Guru SD, SMP, SMA dan SMK Se Jawa Tengah
February 19, 2016

Sosialisasi Semarang Digital Class di SMPN 7 Semarang

Suasana-sosialisasi semarang digital class

Semarang Digital Class disosialiasikan kemarin, yang bertempat di ruang kerja Guru SMP Negeri 7 sosialisasi Semarang Digital Class diselenggarakan. Kepala Sekolah Drs.Sutrisno bersama guru-gurunya sangat antusias menanti kehadiran tim SDC (Semarang Digital Class).

Sebagaia narasumber kelas digital hadir Prayitno,ST.MT Koordinator Seamolec Jateng sekaligus dosen Politeknik Negeri Semarang dan Rifki Nugroho,S.Pd pendamping kelas digital (koordinator komunikasi digital class Dinas Pendidikan Kota Semarang).

Drs.Sutrisno dalam sambutannya, memberikan arahan kepada jajarannya terkait perubahan zaman yang notabene dulu semua kegiatan belajar-mengajar hanya dilakukan secara konvensional namun perubahan zaman saat ini kita semua (pendidik) dituntut mengikuti paradigmanya sudah berbeda mindset yang berbeda pula demi kemajuan sumber daya manusia dikalangan pendidikan.

“SMP Negeri 7 adalah sekolah yang tipologi wilayahnya berada dipusat Kota untuk itu kami bersikeras untuk mengikuti dan menata personil guru pendidik untuk terus berkembang mengikuti alih teknologi yang serba canggih dan efektif melalui pembiasaan penggunaan media digital,” beber dia.

Dijelaskannya, SMP Negeri 7 Kota Semarang adalah penunjukkan piloting tambahan yang ditunjuk oleh Kepala BPTIKP Provinsi JawaTengah secara langsung untuk mengikuti digital class yang bersamaan dengan SMP Negeri 6 Semarang, di mana semula piloting hanya 7 sekolah kemudian bertambah menjadi 9 sekolah piloting di Kota Semarang diantaranya SMP Negeri 1,SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 5, SMP Negeri 7, SMP Negeri 9, SMP Negeri 16, SMP Negeri 21, SMP Negeri 30.

Kelas Digital adalah istilah untuk menjelaskan bahwa aktivitas kelas menggunakan seoptimal mungkin peranan internet dan teknologi digital dalam persiapan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran; baik oleh siswa, guru, dan orang tua murid; serta untuk aktivitas pengembangan profesi guru berkelanjutan. Aktifitas Kelas Digital Meliputi: (1)Aktivitas Pembelajaran menggunakan kelas maya seoptimal mungkin, (2)Pembuatan Materi dalam bentuk video dan buku digital (3)Evaluasi dalam bentuk Ujian Dalam Jaringan (UDJ).

Harapannya semua komponen warga sekolah dan orang tua murid bisa berkomunikasi efektif dalam keterlibatannya untuk memantau langsung model pembelajaran yang disampaikan sekolah.

Sumber: Harian Semarang

3906 Total Pengunjung 1 Pengunjung hari ini
prayitno
prayitno
IT Enthusiast, Dosen Teknik Informatika di Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Mari Berkarya!!!

Comments are closed.