Pembelajaran Online menggunakan Edmodo

workshop SMKN Jateng
Workshop Kelas Digital di SMK Negeri Jawa Tengah
December 30, 2015
Solo Digital Class
Kota Solo – Piloting Kelas Digital Setelah Kota Semarang
February 12, 2016

Pembelajaran Online menggunakan Edmodo

semarang digital class tingkat sd

Dewasa ini siswa belajar tidak hanya di dalam kelas dan mendengarkan guru saat mengajar. Hal ini berkaitan dengan diadakannya Sosialisasi dan Peluncuran Kelas Digital Asia Tenggara (SEA Digital Class) untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.

Peluncuran kelas digital (aplikasi online) ini terbentuk atas kerjasama SEAMEO, SEAMOLEC, Dinas Pendidikan Kota Semarang dan LPMP Jawa Tengah yang digelar di kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang pada 14-16 November 2015 lalu, bernama aplikasi Edmodo.

Untuk kota Semarang sendiri ada 16 Kecamatan, dan pada tiap Kecamatan dipilih satu sekolah dasar (SD). Salah satunya, SD Pedurungan Tengah 02 mewakili Kecamatan Pedurungan Kota Semarang.

Sebagai Kepala Sekolah SD Pedurungan Tengah 02 Semarang, Sutikno., S.Pd., M.Pd menyambut baik program dari Pemerintah, terutama Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang yang serius dalam melaksanakan program digital aplikasi Edmodo.

“Kepala Dinas Pendidikan selalu memantau. Begitu pula kepala tim pembelajaran digital, beliau selalu memantau dan memotivasi. Apabila ada kekurangan, misalnya guru pembimbing ada keluhan saat meng-upload data atau mengunduh data,” terang Sutikno saat ditemui di ruang Kepala Sekolah, Rabu (6/1) siang.

Sutikno menjelaskan proses pembelajaran anak-anak melalui aplikasi digital ini sudah berlangsung pada beberapa SD di Indonesia yang tergabung dalam pembelajaran digital tingkat ASEAN.

Dalam hal ini pihaknya tidak mempermasalahkan prestasi atau kemampuan siswanya, karena semua siswa bisa menggunakan aplikasi Edmodo, yang terpenting mereka antusias dan semangat.

“Anak-anak lebih senang menggunakan internet atau online. Mereka bisa saja lemah dalam prestasi akademik, namun tidak menutup kemungkinan pembelajaran secara digital ini lebih menarik bagi mereka. Sehingga nantinya bisa meningkatkan prestasi belajarnya,” tutur Sutikno.

Semua diawali dari kepala sekolah dan gurunya. Sutikno mencontohkan, saat memberikan tugas kepada guru semua dilakukannya secara online, melalui email.

Pihaknya menyebutkan, sementara ini baru siswa kelas 5 yang sudah berjalan menggunakan aplikasi Edmodo.

“Namun kelas 3 dan 4 juga sudah siap, yang perlu diingat jangan sampai mengganggu substansi pembelajaran. Namun alahkah baiknya aplikasi digital ini juga tetap berjalan,” terangnya.

Sementara itu, Guru Kelas 5A dan 5B, Siti Alfiyah., S.Pd menuturkan jumlah siswanya ada 42 dan hampir 60 persen pembelajaran aplikasi digital, Edmodo.

Alfi termasuk salah satu guru yang ditunjuk untuk mengikuti Sosialisasi dan Peluncuran Kelas Digital Asia Tenggara (SEA Digital Class) bagi siswa SD di Semarang. Ia menjelaskan pengalamannya dalam mempraktikkan aplikasi Edmodoini.

“Edmodomerupakan aplikasi online yang bisa menghubungkan antara guru, murid dan orang tua,” terang Alfi saat diwawancarai di ruang Kepala Sekolah, Rabu (6/1) siang.

Lebih lanjut Alfi menjelaskan jika aplikasi digital ini diawali dengan mendaftar secara online terlebih dahulu.

“Ketika anak-anak sudah masuk pada grup kelas 5 pada aplikasi Edmodo, maka kita bisa langsung melaksanakan kelas digitalnya,” ujarnya.

Alfi menambahkan aplikasi Edmodojuga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi, karena terdapat program ‘chatting’, seperti komentar, dll. Selain itu juga bisa untuk meng-upload kuis dan kunci jawaban.

“Jadi anak-anak langsung bisa menjawab quis, bisa juga meng-upload tugas dan video pembelajaran,” ujarnya.

Kelebihan dari aplikasi digital ini, anak-anak tidak perlu membawa banyak buku, karena bisa dilakukan pembelajaran secara online dari rumah masing-masing asalkan terkoneksi dengan jaringan internet.

“Orang tua juga bisa dengan mudah mengawasi dan mendampingi anaknya di rumah. Misalnya, ketika ada tugas dan quis dari guru, maka anak-anak bisa didampingi orang tuanya dalam mengerjakan tugas dan menjawab quis tersebut. Dalam rangka mengetahui sejauh mana perkembangan dan kemajuan belajar anaknya,” jelas Alfi.

Kepala Sekolah SD Pedurungan Tengah 02 juga telah melakukan pembagian jadwal untuk pembelajaran aplikasi Edmodo ini. Dalam seminggu ada pembagian untuk kelas 5A dan 5B.

Aplikasi ini akan lebih maksimal jika diterapkan dan dioperasikan menggunakan laptop atau komputer, apabila menggunakan ‘smartphone’, ada beberapa bagian yang belum bisa dimunculkan secara detail dan sempurna

Sumber: Berita Jateng

2571 Total Pengunjung 4 Pengunjung hari ini
prayitno
prayitno
IT Enthusiast, Dosen Teknik Informatika di Politeknik Negeri Semarang (POLINES), Mari Berkarya!!!

Comments are closed.